Tryout.id

Tips Aman Berkendara Motor Meski Saat Hujan

30 Nov 2020  |  149x | Ditulis oleh : FreeLancer
Tips Aman Berkendara Motor Meski Saat Hujan

Aghil - Musim hujan bukan sebuah halangan untuk berhenti beraktivitas. Meskipun hujan, kegiatan produktif masih harus tetap dilakukan.

Melansir CNNIndonesia, ada 3 poin yang dapat menjadi panduan bagi para pengendara motor saat musim hujan. Hal ini penting untuk diketahui, sebab berkendara di tengah hujan cukup berbahaya. Terlebih bagi para pengendara bermotor.

Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan, agar kamu tetap aman berkendara meski dalam keadaan hujan.

Perlengkapan Lengkap

Hal pertama agar aman saat berkendara di tengah hujan adalah perlengkapan yang lengkap. Kamu harus memiliki jas hujan, agar kamu tak kehujanan saat berkendara.

Disarankan menggunakan jas hujan model setelan, karena model ini dianggap lebih aman. Sebab model ini tak ada bagian yang berkibar seperti model ponco. Sehingga lebih aman bagi diri sendiri dan pengendara lain.

Kemudian menggunakan helm dengan visor yang bening. Hal ini untuk memudahkan pandangan di tengah hujan. Selanjutnya gunakan sepatu anti air atau karet. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan sandal. Dengan begitu, kaki terlindungi secara maksimal.

Pastikan pakaian yang kamu gunakan berwarna terang, agar mudah terlihat oleh pengendara lainnya.

Pastikan Kondisi Kendaraan Baik

Sebelum mulai beraktivitas, pastikan bahwa kendaraa yang akan kamu gunakan dalam keadaan optimal.

Misalnya saja ban yang tidak gundul serta tekanan angin yang cukup. Pastikan juga kondisi rem baik atau pakem tidak blong.

Selanjutnya sistem penerangan, pastikan bahwa cahaya penerangan dalam keadaan baik, agar membantu pencahayaan saat cuaca gelap.

Pahami Kondisi Lingkungan

Pengendara motor sangat perlu untuk memahami kondisi lingkungan jalan. Kenali kondisi jalan, apakah ada bagian yang rusak, berlubang, atau tergenang. Hal ini sangat perlu dipahami, mengingat hal ini dapat berpotensi membahayakan saat dilewati.

Jika terjebak ditengah hujan lebat, sebaiknya menepi hingga hujan mulai mereda.

Selain ketiga hal diatas, pastikan saat kamu berkendara tak berhenti secara mendadak, karena saat hujan jalan akan licin dan dapat berpotensi membahayakan pengendara di belakang kamu.

Kemudian, jika terdapat genangan air yang tinggi, sebaiknya jangan memaksakan untuk menerobos. Hal ini dapat mengganggu kinerja mesin motor kamu.

Baca Juga: