Al Masoem

Menjalani Bulan Suci Ramadhan Penuh Berkah : Ramadhan in Campus 1445 H

18 Mar 2024  |  16x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Di bulan ini, umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari terbit hingga terbenamnya matahari. Selain berpuasa, Ramadhan juga menjadi momen untuk meningkatkan ibadah dan mempererat tali silaturahmi.

Salah satu cara untuk mengisi waktu Ramadhan dengan penuh berkah adalah dengan mengikuti kegiatan Ramadhan In Campus (RIC) 1445 H. RIC merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga dakwah kampus (LDK) di seluruh Indonesia. Namun beberapa sekolah swasta mengadakan kegiatan RIC ini sebagai pesantren kilat atau SANLAT.

Pembukaan Kegiatan RIC 1445 H di Al Masoem

Seperti dikutip dari almasoem.sch.id Ramadhan InCampus yang dilaksanakan oleh Yayasan Pendidikan Al Masoem tahun ini berlangsung selama dua minggu, dengan berbagai kegiatan menarik, seperti:

Sanlat (Pesantren Kilat): Kegiatan ini memberikan edukasi singkat tentang berbagai materi keislaman.

KBM (Kegiatan Belajar Mengajar): Kegiatan ini seperti sekolah formal, namun dengan materi yang lebih fokus pada keislaman dengan waktu yang relatif singkat tidak sepadat sekolah di hari hari biasa..

Praktik Ibadah: Siswa diajarkan dan mempraktikkan berbagai ibadah, seperti shalat, zakat, ibadah haji, tayamum dan berbagai macam hal lainnya.

Praktek Sholat Mayit: Siswa diajarkan dan mempraktikkan tata cara memandikan, mengkafani, dan menshalatkan mayit. Ini sangat penting karena semua orang akan mati, entah siapapun yang duluan sebagai umat muslim sudah selayaknya kita untuk bisa tahu dan memahami tutorial cara memandikan, mengkafani dan menshalatkan mayit baik untuk laki laki baik juga untuk mayit perempuan. 

Tema RIC tahun ini adalah "Membentuk Pribadi yang Ta'lim (Pembelajar), Tadrib (Pembiasaan), dan Tadzim (Santun)". Tema ini memiliki makna yang saling berkaitan. yaitu Ta'lim memiliki makna pembelajaran. Artinya seorang Muslim harus selalu belajar dan meningkatkan pengetahuannya tentang agama. Meskipun dalam mengajar ini ada yang namanya paksaan, tapi pemaksaan itu hal yang lumrah, karena beberapa individu kadang harus dipaksa terlebih dahulu karena untuk menunggu kesadaran diri itu kadang terbilang cukup sulit.

Tadrib memiliki makna pembiasaan. Pembiasaan didikan kepada seseorang untuk bisa mendapatkan pembelajaran yang baik, pembiasaan mereka di lingkungan yang baik dan pembiasan mereka mendapatkan berbagai macam hal yang positif termasuk pembelajaran agama harus dibiasakan agar menjadi kebiasaan yang baik. Hal ini akan terbawa hingga dewasa bahkan hingga akhir hayat.

Ta'dzim artinya santun bahwa seorang Muslim harus memiliki sikap santun dan berakhlak mulia. Karena karakter dan ciri seorang umat muslim adalah mereka memiliki akhlak yang mulia, sesuai dengan sifat sifat yang dimiliki oleh Rasulullah SAW.

Ramadhan In Campus, Metode Mengisi Waktu Ramadhan penuh Berkah

Kegiatan RIC 1445 H merupakan salah satu cara yang baik untuk mengisi waktu Ramadhan dengan penuh berkah. Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi para peserta, seperti meningkatkan pengetahuan agama, memperkuat iman dan takwa, dan menjalin silaturahmi.

Bahkan para siswa dan santri Al Masoem yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias mengikuti pembukaan RIC hingga selesai. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 minggu dari hari Senin hingga Jumat yang dibarengi dengan kegiatan belajar mengajar juga.

Ramadhan in Campus ini juga merupakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan Al Masoem pada bulan suci ramadhan, bahkan setiap tahunnya pelaksanaannya diikuti dengan kerjasama dengan IRMA dan DIKNAS dalam Program Smart Pesantren.

Berita Terkait
Baca Juga: