RajaKomen

inilah Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

26 Feb 2023  |  185x | Ditulis oleh : Admin
inilah Cara Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Sinar matahari tidak selamanya ramah. Sinar matahari tak bagus untuk kulihat kita, akan tetapi sangat berbahaya untuk kulit jika terlalu lama terkena. Ketika terlalu  lama kulit terkena sinar matahari, maka kulit hitam terbakar matahari dan kulit juga akan terkena  dehidrasi  sehingga kelembaban alaminya menguap dan menadi kering. Selain itu sinar matahari  juga dapat membuat kulit  jadi gelap, meninggalkan noda hitam  dan mempercepat terjadinya kerutan.

Sinar matahari dapat  merusak  lapisan kulit yang lebih dalam lagi.  Ciri-cirinya  adalah kulit gosong, melepuh, mengelupas. Berikut ini cara mengatasi kulit terbakar matahari:

  • Oleskan lidah buaya

Mengoleskan lidah buaya juga menjadi pilihan cara mengatasi kulit terbakar matahari, termasuk area wajah. Caranya, cukup oleskan gel lidah buaya segar langsung dari tanamannya ke area kulit sunburn. Ini karena lidah buaya punya sifat menenangkan kulit yang meradang, serta dapat membantu pemulihan luka bakar ringan.

Apabila tidak ada tanaman lidah buaya, Anda juga bisa mengoleskan produk gel lidah buaya yang dijual bebas pada area kulit wajah dan tubuh yang mengalami sunburn. Pilihlah produk yang kandungan lidah buayanya tinggi. 

  • Banyak minum air putih

Saat kulit terbakar matahari, Anda sebaiknya juga memperbanyak asupan cairan. Paparan sinar matahari berlebih membuat kulit Anda terbakar. Kondisi ini sudah membuat Anda kehilangan sebagian cairan tubuh.

Selain itu, saat Anda mengalami sunburn, cairan dalam tubuh akan tertarik ke permukaan kulit dan akhirnya menguap. Ini juga memperbesar risiko Anda mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain air putih, Anda juga dapat mengganti elektrolit tubuh yang hilang dengan jenis minuman lain, khususnya minuman olahraga (sport drink). Selain itu, saat tubuh terhidrasi dengan baik, kondisi kulit juga akan jadi lebih baik.

Kurang cairan dapat membuat kulit terasa kering sehingga bisa menyebabkan area kulit yang terbakar matahari jadi perih atau semakin gatal.

  • Kompres dingin

Kulit yang terbakar sinar matahari atau sunburn sebenarnya adalah peradangan di kulit. Salah satu cara meredakan area kulit yang teriritasi akibat paparan matahari adalah dengan menggunakan kompres dingin. Anda bisa mengompres yang kulit terbakar sinar matahari dengan handuk yang sudah dibasahi air dingin atau es. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan es batu yang telah dibungkus handuk atau kain dan menempelkannya di area kulit yang teriritasi.

Namun ingatlah, jangan menempelkan es batu langsung ke kulit Anda. Menempelkan es batu langsung ke kulit bisa membuat Anda berisiko mengalami radang dingin (frost bite). 

Selain kompres dingin, Anda juga bisa mandi air dingin untuk meredakan rasa panas pada area kulit yang terbakar matahari. Hindari penggunaan produk sabun mengandung bahan kimia yang keras untuk mencegah iritasi kulit yang makin parah.

Jika Anda berada di dekat kolam renang atau laut, segera dinginkan tubuh dengan merendam tubuh ke dalam air selama beberapa detik. Lalu, gunakan kain untuk menutupi tubuh dari sinar matahari dan berlindung ke tempat teduh.

  • Gunakan krim pelembap

Kulit yang terbakar matahari biasanya akan disertai pengelupasan. Anda bisa mengoleskan pelembap untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari disertai pengelupasan kulit. Sebab, pengelupasan ini bisa membuat kulit terasa perih..

Akan tetapi, gunakanlah pelembap yang tidak mengandung bahan aktif, seperti benzocaine, untuk menghilangkan sunburn. Pasalnya, bahan aktif ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan reaksi alergi. 

  • Oleskan krim nivea

Jika ada area kulit terasa perih seperti terbakar, Anda bisa mengoleskan krim  untuk membantu mengatasi kulit terbakar matahari. Anda bisa menggunakan Nivea krim

Ada banyak langkah  yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi resiko kulit terbakar matahari, termasuk dengan menggunakan produk sun protect atau sunblock bagus. Anda bisa menggunakan Nivea Sun Protect & Moisture SPF 50 yang mampu membantu mengurangi resiko kulit terbakar matahari.

Produk Nivea satu ini juga mampu membantu menjaga agar kulit lembap sehingga Anda lebih nyaman menjalankan aktivitas di luar ruangan. Nivea Sun Protect & Moisture SPF 50 juga cepat meresap dan tidak lengket sehingga Anda tidak perlu menunggu lama agar formulanya menyerap dalam kulit. Gunakan lupa gunakan Nivea sebelum kamu beraktivitas agar kulit nyaman dan resiko kulit  terbakar sengatan  sinar matahari dapat  dikurangi.

Baca Juga: