Tryout.id

Tips Meningkatkan Imun Tubuh Untuk Mencegah Serangan Virus Corona

2 Okt 2020  |  15x | Ditulis oleh : Admin
Tips Meningkatkan Imun Tubuh Untuk Mencegah Serangan Virus Corona

Meningkatkan daya tahan tubuh atau imun itu sangatlah penting. Terlebih pada masa pandemi COVID-19. Sebenarnya cara meningkatkan daya tahan tubuh tidak jauh-jauh dari gaya hidup sehat. Tetapi gaya hidup sehat tidak hanya makan sayur-sayuran dan buah-buahan saja. Ada banyak kegiatan dan hal yang bisa kamu lakukan agar tubuh kamu tetap bugar dan fit.

Kamu yang beberapa minggu ini banyak menghabiskan waktu dirumah saja, jangan sampai lengah dengan kesehatan kamu. Apalagi kamu yang masih harus ke kantor ataupun keluar rumah. Oleh karena itu kamu harus tetap menjaga kesehatan. Berikut ini hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan imun tubuh dan mencegah serangan virus Corona.

  • Konsumsilah Makanan Bergizi

Konsumsilah makanan bernutrisi tinggi seperti jeruk, pepaya, dan kiwi serta sayur bayam dan brokoli. Makanan tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu vitamin A, B, C, E, dan K. Selain itu untuk kebutuhan proteinnya dan omega 3 kamu bisa mengkonsumsi makanan seafood seperti udang, ikan, kepiting dan kerang. Untuk camilan sehat, sebaiknya kamu memilih yoghurt yang memiliki banyak vitamin D atau kacang almond yang kaya vitamin E dan lemak sehat.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Jika tubuh kita kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi karena malas minum air putih. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, mengganggu kesehatan tubuh, sistem pencernaan, mengganggu fungsi hati dan ginjal, juga membuat susah fokus. Kalau sudah seperti itu tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Agar tidak dehidrasi minumlah air putih minimal  2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

  • Rutin Berolah Raga

Meskipun ditumah, bukan berarti tidak bisa berolahraga. Karena dengan berolah rutin dapat membantu metabolisme tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga yoga, pilates, workout atau jenis olahraga indoor lainnya. Kamu juga bisa lari-lari kecil atau jogging keliling komplek perumahan. Tetapi jangan melupakan physical distancing (jaga jarak).

  • Tidur Cukup

Jika tubuh kita beristirahat dengan cukup, maka kita akan lebih banyak memproduksi antibodi atau kekebalan tubuh. Sehingga tubuh pun menjadi mempunyai imun yang kuat dalam melawan serangan berbagai penyakit, termasuk virus COVID-19. Tidur yang baik menurut pakar kesehatan disarankan minimal 7-9 jam tiap harinya. Hindari untuk begadang ya.

  • Berjemur

Berjemur dipagi hari sangatlah disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin D. Waktu yang tepat untuk berjemur adalah pada pukul 10-1 siang karena jam-jam tersebut matahari memproduksi UVB paling banyak. Dan jangan lupa menggunakan sunscreen ya sebelum berjemur.

  • Konsumsi Suplemen Tambahan

Selain 5 cara diatas untuk meningkatkan imun tubuh, ada baiknya kamu mengkonsumsi suplemen tambahan yang mengandung dengan vitamin C, B3, B5, dan B6. Karena kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan sistem imun sehingga dapat melawan virus dan bakteri, termasuk virus Corona.

Lakukan cara meningkatkan imun tubuh diatas kamu lakukan secara disiplin, daya tahan tubuh kamu pasti akan kuat. Waspada lebih baik tetapi jangan panik ya. jaga diri dan orang disekitar kamu.  

Baca Juga: