Tryout.id

Ibu Hamil Perlu Tahu Manfaat Pemeriksaan USG 4D untuk Janin dalam Kandungan

1 Nov 2021  |  46x | Ditulis oleh : Admin
Ibu Hamil Perlu Tahu Manfaat Pemeriksaan USG 4D untuk Janin dalam Kandungan

Seorang calon ibu wajar jika penasaran terhadap janin dalam kandungannya. Dan pemeriksaan USG 4D hadir untuk menjawab rasa penasaran tersebut. Dengan teknologi USG 4D membuat calon ibu dapat dengan mudah mengamati keadaan janin, termasuk jenis kelamin dan wajahnya. Kehadiran teknologi ini memperbaiki kekurangan yang ada pada teknik USG 3D. sebenarnya USG 4D dan USG 4D memiliki banyak kesamaan. Dengan kedua teknik USG tersebut, calon ibu bisa melihat bentuk mulut dan hidungnya, kaki, tangan dan organ lain. Akan tetapi USG 4D bisa menampilkan aktivitas gerak bayi secara langsung dalam bentuk video.

Pemeriksaan USG 4D termasuk aman karena menggabungkan dua seksi gambar 2 dimensi menjadi satu. Tetapi para ahli merekomendasikan pemeriksaan ini untuk keperluan pemeriksaan kandungan, bukan untuk foto atau kenang-kenangan. Hal ini dikarenakan jika pemakaian gelombang suara yang terlalu berlebih dalam pemeriksaan USG dapat membahayakan Janin dalam kandungan.

Pemeriksaan USG 4D tidak hanya sekedar untuk memenuhi rasa penasaran ibu hamil akan wajah janin dalam kandungan, akan tetapi untuk membantu dokter kandungan dalam mendeteksi kemungkinan adanya gangguan atau kelainan pada Janin dan kondisi organ-organ tubuh janin sehingga dapat dilakukan langkah penanganan secepatnya apabila terdapat masalah. Sejumlah kelainan bawaan lahir bisa di deteksi melalui USG 4D, seperti kelainan jantung, bibir sumbing, kelainan bentuk telinga, kelainan bentuk rahang, kelainan bentuk tulang belakang dan lain sebagainya.

Selain gerakan real time janin dalam kandungan pemeriksaan USG 4D memiliki manfaat lain seperti:

  1. Untuk mendiagnosis ketidaksempurnaan janin
  2. Untuk mendiagnosis terjadinya kelainan bawaan
  3. Melihat karakteristik bayi yang berpotensi down syndrome
  4. Untuk melihat kadar air ketuban apakah lebih, kurang atau cukup
  5. Mengamati penampilan dan gerakan bayi
  6. Untuk mencari tahu kelainan Rahim serta area panggul wanita

Periode terbaik untuk melakukan pemeriksaan kehamilan USG 4D, dokter menganjurkan USD dapat dilakukan 4 kali selama proses mengandung. Untuk USG 2D, calon ibu bisa melakukan USG pada trimester pertama hingg Trimester 4 bahkan ketika janin berada di usia 36 dan 38 minggu. Sedangkan untuk USG 4D biasanya dilakukan di Trimester terakhir.

Cara pemeriksaan USG 4D dilakukan dokter dengan cara mengoleskan gel khusus diatas perut. Gel ini berfungsi untuk membantu menghantarkan gelombang suara, sehingga gambaran janin lebih mudah tertangkap. Setelah itu dokter akan melakukan pemindaian dengan alat transduser yang digerakkan memutar diatas perut untuk merekam aktivitas janin.

Pemeriksaan di Klinik USG 4D Jakarta, bisa Anda lakukan di Klinik Pusat Kehamilan Sehat Jakarta. Fasilitas USG 4D tersedia di klinik ini. Jika Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya dapat berkunjung ke Klinik Pusat Kehamilan Sehat jika akan melakukan USG 4D untuk buah hati Anda. Untuk informasi lebih jelasnya tentang Klinik Pusat Kehamilan Sehat, Anda bisa mengunjungi websitenya di www.kehamilansehat.com.  

Baca Juga: