RajaBacklink

Begini Asal Usulnya dari Lukumades, Donat Yunani yang Sedang Viral di Indonesia

20 Okt 2020  |  26x | Ditulis oleh : FreeLancer
Begini Asal Usulnya dari Lukumades, Donat Yunani yang Sedang Viral di Indonesia

Aghil - Camilan Lukumades baru-baru ini ramai menjadi perbincangan di Indonesia. Camilan dengan nama asli Loukoumade ini merupakan sebuah donat goreng yang berasal dari era Yunani Kuno seperti dikutip dari laman iFood TV.

Lukumades ini merupakan camilan manis, berupa donat yang digoreng kemudian dicelupkan kedalam sirup madu dan ditaburi gula halus.

Rasa manis dengan balutan madu serta teksturnya yang lembut tentu membuat orang sangat menyukainya. Maka tak heran di Indonesia kudapan ini mulai populer.

Secara tradisional, donat Yunani ini hanya disajikan dengan direndam pada sirup madu panas dan ditaburi oleh kayu manis. Namun, dengan seiring inovasi ditambahkan, kini variasinya menjadi lebih banyak lagi.

Kudapan ini juga dianggap sebagai salah satu kudapan pencuci mulut tertua di dunia. Di masa Yunani kuno, kue ini disajikan pada para pemenang Olimpiade Yunani.

Ternyata untuk membuat kudapan kuno ini tak terlalu sulit. Kamu bahkan dapat membuatnya sendiri di rumah. Dikutip dari laman mygreekdish.com, berikut adalah bahan dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan

  • Adonan Lukumades:
  1. 240ml air hangat
  2. 240ml susu cair hangat
  3. 15gr ragi kering aktif
  4. 450gr tepung terigu
  5. 2 sdm gula pasir
  6. 1 sdt garam
  7. 4 sdm minyak zaitun
  8. Minyak untuk menggoreng
  • Hiasan
  1. 350gr madu
  2. Kayu manis bubuk
  3. Kacang walnut cincang (kasar)
  4. Saus Cokelat:
  5. 200gr dark chocolate, dicincang
  6. 110ml air
  7. 75gr gula halus

Cara Membuat

  1. Dalam mangkuk pengaduk tambahkan air dan ragi. Aduk dengan garpu dan tunggu selama 5 menit hingga ragi larut sepenuhnya. Ke dalam mangkuk yang sama, tambahkan sisa bahan untuk adonan dan kocok dengan kecepatan tinggi (selama kurang lebih 2 menit) hingga adonan menjadi adonan halus. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan diamkan adonan di tempat hangat selama minimal 1 jam agar mengembang.
  2. Ke dalam wajan berukuran sedang, tuangkan minyak sayur secukupnya untuk menggoreng adonan. Panaskan minyak dengan api besar hingga mulai menggelembung.
  3. Celupkan satu sendok makan ke dalam air dan sendokkan sebagian adonan ke dalam minyak panas. Ulangi prosedur ini hingga adonan yang digoreng susuai dengan kapasitas wajan. Anda harus mencelupkan sendok ke dalam air setiap saat, agar adonan tidak menempel di atasnya.
  4. Saat Lukumades digoreng, rajinlah membalikkan sisi kue, sampai berwarna cokelat keemasan. Lalu, tempatkan di atas kertas dapur untuk mengeringkan minyak dari adonan yang telah digoreng.
  5. Setelah selesai, letakkan Lukumades di piring besar, tuangkan madu yang sudah dipanaskan sesuai selera, dan taburi dengan kayu manis bubuk dan potongan kacang walnut.
  6. Jika Anda ingin menggunakan cokelat, ganti madu dengan saus cokelat. Untuk menyiapkan saus cokelat, tambahkan gula halus dan air dalam panci, lalu didihkan. Didihkan selama 1-2 menit sambil terus diaduk hingga gula larut. Tambahkan coklat (cincang) dan aduk terus sampai cokelat meleleh dan campurannya halus.
  7. Tuang cokelat hangat di atas Lukumades, taburi dengan kacang walnut atau almond cincang dan siap untuk disajikan.
  8. Anda juga dapat menggunakan saus lainnya sesuai dengan selera Anda, seperti matcha, selai kacang, cookies & cream, dan lainnya.
Baca Juga: