RajaBacklink

Alasan Mengapa Anda Harus Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

28 Des 2021  |  33x | Ditulis oleh : Admin
Alasan Mengapa Anda Harus Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri

Pandangan sebagian besar masyrakat tentang alasan kuliah di luar negeri memiliki beragam pandangan. Ada yang motivasinya untuk mencari tantangan atau suasana baru, ada juga yang berpendapat bahwa kualitas pendidikan di dalam negeri kurang memuaskan, ada karena gengsi, dan tidak sedikit pula yang kuliah di luar negeri karena cita-cita memperbaiki diri dan Indonesia kedepannya.

Apapun motivasinya, belajar diluar negeri banyak sekali manfaatnya. Selain mendapatkan prestise tersendiri, kuliah di luar negeri juga memiliki jalur karir yang berbeda dibandingkan dengan lulusan dalam negeri. Tidak jarang lulusan luar negeri, jika dmerintis sebuah bisnis mereka akan cepat besar karena kuatnya dukungan jaringan dan dukungan permodalan yang ada.

Tantangan karir yang besar tersebut membuat kuliah di luar negeri adalah impian banyak lulusan SMA atau S1 dalam negeri. Selain karir ada banyak alasan lain mengapa Anda harus melanjutkan kuliah di luar negeri seperti:

  • Memiliki Kesempatan Karir dan Peluang Kerja yang Lebih Besar

Banyak perusahaan besar berasal dari luar negeri. Jika anda lulusan luar negeri, setidaknya kesempatan ini Anda sudah pada posisi yang unggul. Terlebih jika Anda tetap ingin berkarir diluar negeri juga, tentunya kesempatan juga akan lebih besar lagi untuk karir dalam skala global. Dan keuntungan lainnyaa dri belajar di luar negeri adalah membuat CV Anda semakin bernilai dimata perusahaan yang Anda lamar, terlepas dari pekerjaan apapun yang kamu lamar.

  • Lulusan Luar Negeri Lebih Percaya Diri

Komunikasi adalah kunci percaya diri saat nantinya melamar kerja atau berkarir. Jika Anda lulusan luar negeri, setidaknya kemampuan bahasa inggris akan menunjang hal ini. Tinggal di luar negeri setidaknya Anda sudah terbiasa komunikasi dalam bahasa sehari-hari misalnya saja di warung kopi, perpustakaan, di restoran atau tempat lain. Jadi jika wawancara berlangsung, baik dalam bahasa formal maupun non formal Anda sudah terbiasa dengan bahasa inggris. Wawasan dan pengetahuan juga lebih luas. Hal ini yang mendukung rasa percaya diri tersebut

  • Menambah Kedewasaan

Hidup jauh dari orang tua dalam beberapa periode lamanya bisa membuat anak muda yang barus lulus SMA bisa cepat menjadi dewasa terutama dari sisi mental. Jika Anda tinggal di dalam negeri, mau di kota manapun, bahasa dan makanan masih sama, jadi kalau tidak betah bisa tinggal pulang saja. Namun jika keluar negeri, tidak semudah itu. Ini yang membentuk mental Anda menjadi dewasa dan mandiri.

  • Memiliki Komunitas Global

Kuliah di luar negeri bisa bertemu dengan teman dari berbagai negara. Saat Anda di kampus atau di asrama sebaiknya mencari teman yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Hal ini bisa membuat Anda makin banyak teman dan jaringan komunitas global. Dalam jangka panjang bisa menunjang karir atau bisnis yang ingin Anda lakukan nantinya.

  • Mengajari Anda Cara Terbaik Mengatur Keuangan

Jika Anda belajar di luar negeri dengan bea siswa, maka Anda harus pintar mengatur keuangan agar bea siswa tersebut cukup buat kuliah dan biaya hidup. Jika kuliah biaya orang tua, maka Anda juga akan belajar bagaimana berhemat agar tidak memberatkan orang tua. Di beberapa negara seperti Jerman, biaya sekolah adalah gratis, jadi Anda tinggal menyesuaikan saja untuk biaya hidup di sana. Jika tidak cukup, solusinya adalah mencari pekerjaan sampingan saat waktu luang. Lambat laun kebiasaan ini akan melatih Anda untuk  mandiri dalam mengatur keuangan.

  • Memiliki Kesempatan Belajar Budaya Banyak Negara dan Etos Kerja Profesional

Pergaulan dengan mahasiswa dari banyak negara membuat Anda bisa belajar meningkatkan etos kerja. Ini penting bagi karir ke depan Anda. Mau tidak mau Anda akan dipaksa untuk bekerja dengan sistem yang berbeda yang menuntut Anda perlu bekerja lebih keras lagi dibandingkan dengan saat Anda bekerja dengan sistem yang telah Anda kenal saat ini. Lingkungan baru, butuh adaptasi baru yang otomatis membuat Anda berfikir dan bekerja lebih keras lagi.

Segudang manfaat kuliah di luar negeri di atas akan membuka wawasan Anda tentang keunggulan kuliah di sana. Selain kemampuan, wawasan, dan juga jaringan komunitas, masih ada hal lain yang tak kalah pentingnya yaitu pengalaman Anda di luar negeri akan menjadi nilai jual tersendiri ketika Anda melamar kerja di Indonesia.

Untuk kuliah di luar negeri Anda bisa melalui beasiswa. Dan untuk itu diperlukan bermacam syarat sebagai persiapan beasiswa luar negeri. Ingin tahu cara dapat beasiswa di luar negeri konsultasikan pilihan studi Anda pada ahlinya yaitu konsultasi ke expert beasiswa di Schoters untuk persiapan dokumen, esai dan informasi beasiswa dengan lengkap dalam bimbingan yang jamnya fleksibel.

Baca Juga: