RajaKomen

Antares Platform IoT Telkom Solusi Teknologi Untuk Kegiatan Usaha

18 Okt 2021  |  75x | Ditulis oleh : Admin
Antares Platform IoT Telkom Solusi Teknologi Untuk Kegiatan Usaha

Jika bisnis Anda ingin berkembang dimasa pandemik seperti sekarang ini, maka solusinya adalah Internet of Things (IoT).  Sejak adanya pandemik seperti sekarang ini banyak perusahaan yang menjaga produktivitas usaha akibat menurunnya kehadiran karyawan secara fisik.

Dan hal ini tentunya menghambat pemantauan kondisi barang, memperlambat perencanaan operasi bisnis, dan mempersulit pemeriksaan hasil kerja karyawan. Akibatnya perusahaan tidak hanya harus menghadapi perubahan pasar, tetapi kebijakan operasional pun harus berubah demi menjaga kelangsungan usaha.

Apa itu iot dan contohnya

Internet of Things atau IoT adalah teknologi komunikasi antar mesin dengan menggunakan koneksi internet. Dan bentuk komunikasi cerdas ini juga disebut Machine-to-machine (M2M) dengan manusia sebagai pengelola dan penggunanya.

Internet of Things adalah sebuah istilah yang dimaksudkan dalam penggunaan internet, komputerisasi yang bersifat mobile dan konektivitas lalu digabungkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya dengan handphone bisa menjadi smartphone karena terkoneksi dengan internet, mesin dan peralatan usaha juga bisa menjadi pintar karena terkoneksi dengan internet.

Internet of Things tidak hanya terbatas pada konteks industryisaja, tetapi bisa juga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, contohnya seperti lampu pintar, polusi ruangan, home voice control, bell pintu, IR remote blaster, smart ac dan sebagainya yang terkoneksi dengan internet.

Internet of Things merupakan solusi teknologi yang akan memberikan segi baru pada kegiatan usaha yaitu visilitas. Dengan solusi IoT pemilik usaha dapat mengetahui kondisi usahanya diwaktu tersebut. Misalnya, solusi Managed SD-WAN menunjukkan penggunaan data internet di cabang usaha dan memberikan control pengelolaan traffic internet pada kantor pusat.

Dan contoh lainnya solusi Asset Performance Management (APM) memberikan visibilitas pada kondisi fisik asset seperti temperature, pencahayaan, kelembaban, dimanapun lokasi asset. Visilitas melancarkan jalur komunikasi diperusahaan, memudahkan monitoring, menguatkan keamanan, dan memastikan semua perencanaan dilakukan berdasarkan data konkrit dari solusi IoT.

Kegunaan Internet of Things di masa depan, dimana teknologi akan mengambil peran yang lebih besar dalam operasi dan manajemen perusahaan. Data akan menjadi penentu utama dalam pengambilan keputusan. Departemen business development bisa melihat langsung data hasil kerja di lapangan yang sebelumnya hanya dimiliki oleh departemen operasional.

Internet of Things dapat dimanfaatkan di berbagai bidang industrinya, seperti:

  • Kesehatan
  • Agriculture
  • Energy
  • Finance / keuangan / finansial servis
  • Manufaktur
  • Retail
  • Hospitaly
  • Transportasi dan logistic
  • Perdagangan
  • Keamanan
  • Teknologi dan jaringan
  • Pembangunan

Internet of Things merupakan alat elektonik yang terkoneksi dengan imternet, IoT dipergunakan untuk berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari dengan tujuannya mempermudah kegiatan manusia dan perusahaan sehari-hari. Jika saat ini Anda sedang mencari solusi IoT, Anda bisa menghubungi IoT Telkom.

Telkom memiliki platform IoT bernama Antares yang berada pada layanan cloud platform dan konektivitas. Antares sebagai IoT platform memberikan wadah untuk Anda mengembangkan produk dan menyimpan data serta mengamatinya.

Sebagai IoT connectivity, Antares menjadi instrument yag penting karena menghubungkan alat dengan cloud storage atau big data lainnya. Selain itu Antares menjadi solusi IoT yang tidak membutuhkan pengembangan rumit dari nol tetapi tetap fungsional. Ini untuk mengurangi kebutuhan teknisi IT serta biaya dan Anda hanya perlu fokus pada tujuan perusahaan.

Platform IoT Antares Telkom dapat membantu perusahaan Anda mengurangi biaya pengembangan sementara tim Anda dapat fokus pada tujuan perusahaan. Antares sangat fungsional karena terdapat fitur-fitur menarik dan memastikan sistem yang Anda butuhkan sudah tersedia.

Demikianlah pembahasan apa itu internet of things, contoh dan manfaatnya untuk kegiatan sehari-hari. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih jelasnya tentang IoT Antares Telkom, Anda bisa mengunjungi websitenya di www.telkomiot

Baca Juga: