Tryout.id

P2P Lending Akseleran Cara Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

18 Agu 2021  |  57x | Ditulis oleh : Admin
P2P Lending Akseleran Cara Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Dalam menjaga aset keuangan, selain investasi jangka panjang, ada pilihan lain yang bisa diterapkan yaitu investasi jangka pendek. Memang investasi menjadi suatu kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat sekarang ini. investasi yang disediakan pun juga bervariasi, mulai dari reksa dana, emas, hingga obligasi. Tetapi setiap orang memiliki tujuannya masing-masing dala berinvestasi, termasuk dalam jangka pendek.

Investasi jangka pendek sendiri merupakan investasi yang bersifat sementara dan umumnya dapat dengan mudah ditarik lagi dalam jangka waktu pendek. Investasi ini memang tidak bertujuan jangka panjang sehingga dapat dicairkan kapanpun investor mau. Kebanyakan yang melakukan ini akan mencairkannya menjadi uang tunai dalam waktu 3-12bulan. Walaupun hanya bersifat sementara, jenis investasi ini menjadi salah satu strategi sendiri bagi para investor.

Investasi jangka pendek tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan investasi jangka pendek :

Kelebihan investasi jangka pendek

  • Fleksibilitas yang akan didapatkan dari investor dala mencairkan dana. Karena ini tidak perlu menunggu asetnya menjadi matang untuk dapat dikonvesrsi menjadi uang tunai.
  • Investor dapat mengambil keuntungan dalam waktu yang singkat. Ini cocok bagi Anda yang tidak ingin menunggu lama dalam mendapatkan keuntungan dari investasi.

Kelemahan / kekurangan investasi jangka pendek

  • Dikarenakan bersifat jangka pendek, investor harus mempunyai keahlian dan meluangkan waktu yang banyak dalam memonitor pergerakan nilai instrumen investasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui waktu dan tempat yang tepat untuk melakukan jual beli.
  • Pajak dan inflasi berpotensi mengurangi return dari investasi ini.

Investasi jangka pendek memiliki beberapa jenis, seperti :

  • Deposito

Deposito memiliki risiko lebih rendah dalam berinvestasi. Selain risikonya rendah, deposito juga saat ini sudah bisa ditemui di hampir semua bank. Ketika Anda menyimpan sejumlah uang Anda ke dalam bank, nanti nilainya akan naik karena adanya bunga. Walau demikian, Anda harus menentukan waktu yang tepat dalam menyimpannya ke dalam bank.

  • Reksa Dana

Instrumen investasi ini sering kali menjadi pilihan bagi investor pemula. Dan sekarang ini sudah banyak aplikasi ataupun situs website yang bisa digunakan untuk membeli reksa dana secara online. reksa dana adalah sebuah wadah dan pola pengelolaan dana maupun modal bagi para sekumpulan investor yang ingin berinvestasi dalam instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksa dana. Ada empat jenis reksa dana yaitu, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan reksa dana campuran.

  • P2P lending

Berinvestasi melalui P2P lending juga bisa menjadi pilihan jika hanya bertujuan untuk jangka pendek. Sekarang ini, Anda bisa menemukan perusahaan fintesh yang sudah diawasi oleh OJK secara langsung. Salah satu perusahaan P2P lending yang resmi dibawah naungan OJK adalah Akseleran, merupakan platform investasi online yang memiliki tujuan membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Akseleran sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun Anda dapat memulainya hanya dengan Rp 100 ribu saja. Jika Anda tertarik dalam berinvestasi atau pinjaman langsung, Anda dapat mengunjungi website akseleran.co.id atau Anda bisa menghubungi (021) 5091-6006 atau email cs@akseleran.co.id.

Baca Juga: