RajaBacklink

Ingin Buka Usaha? Inilah Cara Mendapatkan Modal Usahanya

19 Des 2022  |  35x | Ditulis oleh : Admin
Ingin Buka Usaha? Inilah Cara Mendapatkan Modal Usahanya

Modal usaha adalah hal yang sangat penting dalam menjalan sebuah usaha. Tanpa adanya modal maka sebuah bisnis akan sulit untuk dijalankan dan dikembangkan. Nah bagi kamu yang saat ini  sedang berusaha untuk membulai suatu bisnis, akan tetapi masih bingung tentang cara mendapatkan modal usaha, kamu tidak perlu khawatir,  kamu bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan beberapa cara berikut ini.

  • Pinjaman dari bank

Cara mendapatkan modal selanjutnya yaitu dengan mengajukan pinjaman ke bank. Melalui pinjaman ini kamu bisa untuk menjalankan usahamu. Secara umum, biasanya terdapat beberapa syarat untuk dapat melakukan pinjaman di bank yaitu sebagai berikut:

  1. Fotokopi identitas diri (KTP dan Kartu Keluarga)
  2. Fotokopi penghasilan atau slip gaji
  3. Fotokopi NPWP
  4. Fotokopi buku tabungan
  5. Dokumen kepemilikan agunan seperti BPKB, sertifikat (Jika kamu mengambil pinjaman beragunan)

Di samping itu, kamu juga perlu untuk memperhatikan beberapa persyaratan tambahan yang mungkin ada di setiap masing-masing bank. Misalnya saja tidak memiliki beban hutang di lembaga ataupun pihak manapun.

  • Menjual atau menggadaikan aset

Cara selanjutnya adalah dengan menjual barang atau aset yang kamu miliki. Hal ini tentunya akan mengorbankan barang yang kamu miliki tersebut menjadi biaya modal bisnismu kedepannya. Selain itu, perlu diperhatikan jangan sampai kamu menjual aset yang penting, cobalah pikirkan dengan matang barang apa saja yang mungkin dapat dijual. 

Jika kamu tidak memiliki barang yang dapat dijual, maka kamu mungkin bisa menggadaikannya. Dengan menjadikan aset tersebut sebagai jaminan mungkin dapat menjadi pilihan terbaik selain menjualnya. Tapi, hal ini juga tidak bisa disepelekan, karena dibutuhkan berbagai perhitungan terkait dana yang didapatkan dan resiko terhadap barang yang digadaikan tersebut. 

  • Mencari investor

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari investor. Pada dasarnya investor adalah orang atau kelompok yang memberikan uang mereka kepadamu sebagai modal usaha dengan harapan bisnismu akan memberikan mereka keuntungan. Nah, investor ini dapat berasal dari berbagai pihak, bisa teman, keluarga, atau rekan bisnis. 

Namun, perlu untuk diketahui bahwa untuk mendapatkan investor ini kamu perlu meyakinkan mereka dengan rencana dan penjelasan bisnis yang jelas. Semua hal mulai dari dari model bisnis, business plan, hingga proposalnya harus dapat kamu persiapkan dengan baik. 

Selain teman dan keluarga, kamu juga bisa mencari investor dari berbagai perusahaan yang memiliki fokus dalam pengembangan bisnis kecil. Dalam hal ini kamu bisa mengikuti berbagai workshop, pelatihan, atau audisi bisnis agar dapat mendapatkan suntikan dana sebagai modal usaha.

  • Memanfaatkan bantuan pemerintah

Langkah yang satu ini dapat menjadi sesuatu yang layak untuk dicoba. Berbagai program bantuan pemerintah, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan BLT UMKM dapat kamu gunakan sebagai sumber modal usahamu. Selain melakukan pendaftaran di websitenya masing-masing, kamu tentunya harus memenuhi berbagai persyaratan seperti,

Syarat KUR

  1. Individu (perorangan)
  2. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  3. Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  4. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  5. Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP,  Kartu Keluarga (KK),  dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing)

Syarat BLT UMKM

  1. Warga negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP
  2. Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  3. Memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU)
  4. Bukan ASN, Anggota TNI/Polri, serta pegawai BUMN dan BUMD
  5. Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  • Mencari rekan bisnis

Mencari rekan bisnis dapat menjadi pilihan bagi kamu yang sedang kekurangan modal untuk menjalankan usaha. Dengan menggabungkan dana yang kamu miliki, maka modal awal untuk memulai bisnis dapat terpenuhi. Namun selain ada modal yang bertambah, tentunya kamu perlu untuk melakukan pembicaraan berupa diskusi dengan rekan bisnismu. Mulai dari bentuk bisnis, pembagian tanggung jawab, serta pembagian keuntungan harus dapat diskusikan dengan baik dan jelas. 

Itulah beberapa cara mendapatkan modal usaha yang tentunya bisa kamu coba. Semoga kamu bisa mendapatkan cara terbaik. Dengan mengupayakan Pinjaman Modal Usaha pada sejumlah lembaga keuangan atau organisasi ekonomi, maka diharapkan usaha kamu bisa berjalan dengan lancar.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan praktisi dan trainer UMKM dari Daya.id sebelum kamu memulai sebuah usaha. Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, kamu bisa mendapatkan pengetahuan dan juga bekal yang lebih matang untuk menjalankan usaha. Untuk informasi lebih lengkapnya  tentang berbagai informasi, tips usaha ataupun peroduk keuangannya, kamu bisa mengunjungi www.daya.id dengan mendaftarnya dan kamu akan mendapatkan banyak informasi keuangan yang bisa diakses dengan sangat mudah.

Berita Terkait
Baca Juga: