MU

Ingin Kuliah di Luar Negeri Dengan Beasiswa? Ini Tips Untuk Mendapatkannya

27 Jun 2022  |  138x | Ditulis oleh : Admin
Ingin Kuliah di Luar Negeri Dengan Beasiswa? Ini Tips Untuk Mendapatkannya

Sebagian besar siswa SMA/Sederajat yang berprestasi tertarik untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Tetapi kebanyakan mereka belum mengerti bagaimana cara mewujudkannya. Memang beasiswa di luar negeri merupakan salah satu impian sekaligus tantangan bagi kebanyakan orang. Karena untuk mendapatkan Beasiswa Luar Negeri kamu harus berjuang sekeras mungkin dan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan siswa lainnya.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan impian kamu. Nah berikut ini tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

  • Memiliki Prestasi Akademik

Prestasi akademik merupakan salah satu modal penting agar kamu dapat kuliah diluar negeri dengan cara mendapatkan beasiswa. Ini terbukti dari beberapa penyedia beasiswa di luar negeri yang menjadikan prestasi akademik sebagai salah satu persyaratan. Oleh sebab itu, persiapkan diri kamu dengan memiliki prestasi akademik yang tinggi sedini mungkin. Apalagi jika saat ini kamu masih tergolong kelas 1 SMA.

  • Cari Lembaga Penyedia Beasiswa Kuliah

Cara terbaik untuk mendapatkan beasiswa S1 di luar negeri adalah melakukan riset terlebih dahulu semua lembaga penyedia beasiswa yang kamu temui. Pelajari jenis beasiswa yang diberikan oleh lembaga penyedia beasiswa S1.

  • Hubungi Lembaganya Langsung

Setelah menemukan lembaga beasiswa yang cocok untuk kamu, ada baiknya kamu untuk menghubunginya secara langsung. Lembaga beasiswa akan dengan senang hati memberikan informasi kepada kamu terkait dengan beasiswa yang tersedia.

Di era digital ini kamu bisa melihat website atau media sosialnya terlebih dahulu. Jika ada kontak yang bisa dihubungi seperti email, maka jangan ragu untuk mengirimkan email kepada mereka. Dengan menghubunginya secara langsung, kamu akan mendapatkan informasi secara lengkap, mulai dari persyaratannya, dokumen apa saja yang harus dipersiapkan hingga batas akhir pendaftaran.

  • Mempersiapkan Surat Rekomendasi

Mempersiapkan surat rekomendasi adalah salah satu cara agar kamu mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Surat rekomendasi memegang peranan penting dalam proses beasiswa. Karena surat tersebut berisi bahwa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa dari lembaga penyedia.

  • Pelajari Bahasa Asing

Jika kamu ingi menlanjutkan kuliah diluar negeri, kamu harus belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris. Dan biasanya dalam proses seleksi beasiswa, kamu diaruskan untuk melampirkan dokumen seperti TOEFL dan IELTS. Untuk menyiapkan diri, kamu bisa mengikuti program les khusus. Pelajari bagaimana cara mengerjakan TOEFL dan IELTS dengan baik agar nilai kamu tembus persyaratan mengajukan beasiswa di luar negeri.

Rata-rata nilai yang diharuskan agar lolos seleksi beasiswa adalah diatas 550 untuk TOEFL dan diatas 6,5 untuk IELTS. Nah dengan rata-rata tersebut kamu memiliki harapan besar untuk lolos seleksi beasiswa.

  • Belajar Membuat CV, Motivation Letter dan Essay

Jika kamu ingin lolos beasiswa kuliah di luar negeri, kamu juga harus mengerti bagaimana cara membuat CV dan motivation  Letter. Dua poin tersebut menjadi salah satu dokumen yang harus dipersiapkan ketika mengajukan beasiswa. Sekarang ini kamu bisa dengan mudah belajar membuat CV dan Motivation Letter melalui contoh-contoh yang ada di internet atau belajar langsung dengan ahlinya.

  • Belajar Interview

Selain membuat motivation Letter dan CV, kamu juga harus belajar bagaimana menjalani interview secara tenang dan lancar. Saat latihan interview kamu harus memperhatikan beberapa hal seperti:

  1. Artikulasi ketika menjawab pertanyaan
  2. Tempo berbicara
  3. Gaya bahasa dan tubuh
  • Apply Beasiswa

Tips terakhir adalah mengajukan beasiswa ke lembaga yang sudah kamu tentukan. Dan pastikan, dokumen yang dipersiapkan sudah lengkap. Periksa kembali semuanya sebelum benar-benar mengirimkannya. Dan jangan lupa untuk memberikan tanda tangan dan juga kontak yang bisa dihubungi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Untuk mempersiapkan itu semua, kamu bisa mewujudkan impian kamu kuliah di luar negeri dengan cara beasiswa, kamu bisa bergabung dengan Schoters.

Schoters adalah platform terbaik bimbingan bahasa dan Kuliah di Luar Negeri. Schoters mengembangkan berbagai layanan persiapan studi luar negeri, termasuk konsultasi studi online, bimbingan dan persiapan tes bahasa asing, penerjemahan dokumen pendaftaran studi dan konten-konten pendidikan lainnya yang dapat diakses melalui web dan aplikasi Schoters.

Untuk info lengkapnya kamu dapat mengunjungi website Schoters di www.schoters.com.

Berita Terkait
Baca Juga: