RF

Inilah Cara Memilih KTA yang Tepat dan Terpercaya

28 Nov 2022  |  43x | Ditulis oleh : Admin
Inilah Cara Memilih KTA yang Tepat dan Terpercaya

Masih banyak debitur yang belum memahami seluk beluk kredit tanpa agunan (KTA) dan jenis-jenisnya. Padahal jenis pinjaman ini termasuk yang populer di dunia perbankan. KTA sering kali menjadi opsi yang bisa dipertimbangkan untuk mengatasi permasalahan keuangan. Dalam penggunaannya, KTA tidak hanya digunakan untuk modal bisnis saja, melainkan untuk kebutuhan lainnya seperti membeli rumah, biaya pernikahan, pengobatan, renovasi dan pendidikan.

Dalam memilih KTA perlu beberapa pertimbangan, KTA mana yang tepat untuk solusi finansial Anda. Berikut ini beberapa pertimbangan yang perlu Anda ketahui:

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA) Dana Cepat

Kredit Tanpa Agunan (KTA) cepat merupakan produk KTA dengan waktu pencarian yang tidak membutuhkan waktu lama. Pada umumnya, dana pinjaman akan cair dalam tempat tidak lebih dari satu pekan. KTA dana cepat adalah opsi yang tepat bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dana di waktu yang mendesak dan saat Anda membutuhkan pinjaman dengan nominal besar dalam waktu singkat. Misalnya saja untuk biaya pengobatan Anda atau keluarga.

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang Tidak Memerlukan Kartu Kredit

KTA ini adalah opsi terbaik bagi Anda yang malas untuk membuat kartu kredit. KTA ini memberikan dana pinjaman tanpa perlu kartu kredit dan tidak membutuhkan Riwayat kartu kredit, sehingga prosesnya lebih praktis. KTA Tanpa Kartu Kredit cocok bagi Anda yang belum pernah membuat kartu kredit, namun membutuhkan pinjaman jumlah besar dalam waktu cepat. Persyaratan KTA ini sama seperti KTA reguler, namun suku bunganya lebih besar demi mengantisipasi kredit macet.

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA) Tenor Panjang

KTA Tenor Panjang merupakan produk KTA yang memiliki jangka waktu pelunasan yang terbilang lama. Pada jenis KTA ini, waktu perluasan yang disepakati oleh pihak pemohon kepada bank bisa mencapai lebih dari 3 tahun. Masa tenor panjang untuk KTA ini bertujuan untuk meringankan beban cicilan yang harus dibayarkan oleh debitur kepada pihak bank setiap bulannya. KTA Tenor Panjang cocok bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dana jumlah besar dalam waktu pengembalian yang lama, misalnya untuk memulai bisnis atau untuk tambahan modal bisnis.

  • Kredit Tanpa Agunan (KTA) Payroll

KTA Payroll merupakan jenis produk KTA yang cocok untuk Anda yang ingin menyalurkan penghasilan kepada bank tertentu. Dengan adanya pembayaran payroll, pihak bank lebih yakin dengan kemampuan Anda dalam melunasi cicilan pinjaman. Pasalnya bank mengetahui dengan pasti pendapatan Anda setiap bulannya. KTA payroll merupakan jenis pinjaman yang populer karena memiliki suku bunga yang rendah dibandingkan KTA reguler.

Walaupun demikian, Anda juga perlu untuk hati-hati dalam hal meminjam uang. Agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan, ikuti tips berikut ini agar kebutuhan Anda terpenuhi:

  • Pilih yang Suku Bunganya Ringan

KTA memang menarik sebab debitur tidak terbebani dengan keharusan menjamin asetnya untuk mendapatkan dana. Misalnya Anda ingin mengajukan pinjaman 300 juta dalam waktu cepat, Anda bisa mendapatkannya. Akan tetapi, sejumlah bank penyedia pinjaman KTA memberikan suku bunga yang cukup tinggi. Semakin besar suku bunga yang diberikan, semakin besar cicilan yang harus dibayar.

  • Cari Pinjaman KTA dengan Jangka Waktu Fleksibel

Pengajuan pinjaman KTA perlu memperhatikan jangka pelunasannya. Pasalnya jangka waktu pelunasan turut mempengaruhi besaran cicilan setiap bulan yang harus dibayarkan. Semakin pendek waktu pelunasan, semakin besar jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, sesuaikan panjang waktu pelunasan dengan kemampuan finansial Anda agar tidak memberatkan diri sendiri dalam pelunasannya.

  • Ajukan Pinjaman KTA Kebutuhan Anda

Perhitungkan kebutuhan Anda saat memutuskan untuk mengajukan pinjaman uang ke bank. Pada umumnya bank memberikan plafon dengan nilai tinggi, namun untuk apa meminjam uang dengan nominal tinggi jika Anda hanya membutuhkan setengah dari nominal yang diajukan? Perlu Anda ingat bahwa semakin besar nominal yang dipinjam, semakin tinggi nominal cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Itulah sebabnya, perlu dilakukan simulasi perhitungan pinjaman tanpa agunan sebelum mengajukan kredit. Pastikan cicilan Anda tidak lebih dari 30% dari penghasilan per bulan Anda.

  • Pilih yang Proses Pengajuannya Mudah

Adanya kebijakan tanpa agunan, pengajuan proses KTA pada umumnya rumit. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh debitur agar pengajuan pinjaman diterima oleh bank. Selain itu, ada waktu yang dihabiskan untuk proses penyerahan dokumen. Namun, sebagian bank sudah memperbaiki sistem sehingga persyaratan pengajuan KTA semakin mudah. Cermatlah dalam memilih bank untuk pengajuan ini agar Anda tidak perlu menunggu dalam waktu lama untuk mendapatkan pencairan dana.

Demikianlah ulasan tentang tips memilih KTA yang terbaik dan terpercaya. Sekarang ini BAF memberikan kesempatan pengajuan pinjaman melalui berbagai kanal, seperti:

  • Online di Aplikasi Mobile BAF, Prosesnya cepat, tidak perlu ke kantor cabang, namun hanya beberapa jenis kredit yang bisa diajukan secara online
  • Kantor cabang BAF. Proses pengajuan secara offline harus dilakukan untuk jenis pinjaman tertentu.

Jika Anda saat ini sedang membutuhkan layanan peminjaman uang dan kredit  kendaraan, kredit elektronik Anda bisa menggunakan layanan dari BAF. Untuk info lebih jelasnya Anda bisa mengunjungi www.baf.id.

Berita Terkait
Baca Juga: