rajabacklink

Pengertian dan Manfaat Asuransi Umum untuk Mendukung Finansial yang Sehat

28 Jan 2024  |  441x | Ditulis oleh : Admin
Pengertian dan Manfaat Asuransi Umum untuk Mendukung Finansial yang Sehat

Anda tentunya sudah memahami mengapak memiliki asuransi adalah suatu hal yang penting jika kita ingin membangun keuangan yang sehat. Asuransi bisa dikatakan sebagai salah satu pondasi keuangan utama yang bermanfaat untuk mendukung stabilitas finansial. Ada beberapa asuransi yang sangat penting dimiliki untuk berbagai kebutuhan, misalnya asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi umum. Kesemuanya dengan tujuan untuk memproteksi keuangan dari risiko kerugian yang bisa muncul tidak terduga.

Beberapa jenis asuransi penting untuk Anda ketahui dan pahami agar Anda tidak salah memilih produk asuransi sesuai kebutuhan. Secara garis besar, asuransi dibedakan ke dalam dua kelompok besar yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa. Nah jika Anda masih bingung membedakan dua kelompok asuransi tersebut, mari simak ulasan berikut ini.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang fokus memberikan proteksi terhadap diri si nasabah atau tertanggung dalam polis. Jadi, ketika si tertanggung yang tertera namanya dalam polis asuransi tutup usia, penyedia asuransi akan membayarkan sejumlah uang pertanggungan kepada keluarga yang ditinggalkan sebagai pengganti penghasilan yang hilang.

Asuransi jiwa memproteksi nilai ekonomi atau nilai penghasilan seseorang sehingga ketika ia mendadak tutup usia, ahli waris bisa mendapatkan ganti rugi nilai penghasilan yang hilang itu sebagai bekal melanjutkan hidup. Asuransi jiwa sangat penting dimiliki bila kamu saat ini berperan sebagai pencari nafkah keluarga.

Asuransi Umum

Asuransi  umum atau general insurance tidak membatasi obyek proteksi hanya pada orang atau jiwa seseorang. Sesuai namanya, asuransi umum memberikan proteksi terhadap risiko kerugian semua yang memiliki nilai ekonomi, bisa orang ataupun harta benda seperti bangunan, kendaraan, dan sebagainya. Bila asuransi jiwa memberikan ganti rugi berupa sejumlah uang, asuransi umum bisa berupa uang tunai ataupun penggantian kerugian/barang.

Terdapat beberapa jenis asuransi umum yang perlu Anda ketahui.

  • Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan bermotor memberikan ganti rugi ketika kendaraan bermotor yang menjadi obyek proteksi rusak atau hilang.

  • Asuransi Kebakaran

Asuransi yang menawarkan pertanggungan atas risiko kerugian akibat kejadian kebakaran yang menimpa bangunan, apakah itu rumah tinggal atau tempat usaha.

  • Asuransi Pengangkutan

Asuransi yang akan melindungi barang atau asset Anda ketika dalam proses pengangkutan atau perjalanan.

Kedua asuransi tersebut yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum sama-sama Anda butuhkan untuk mendukung keuangan pribadi yang sehat. Asuransi tidak hanya memberikan santunan pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tapi juga memberikan manfaat:

1. Memberikan rasa aman dan perlindungan

Asuransi akan membuat tertanggung terhindar dari kemungkinan risiko kerugian finansial saat objek yang diasuransikan mengalami kejadian tak terduga

2. Memberikan kepastian

Asuransi akan mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan (peril) yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya sehingga biaya atau akibat finansial dari kerugian tersebut menjadi pasti atau relatif pasti.

3. Hidup Menjadi Tenang

Segala risiko yang dapat diasuransikan dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi sehingga hidup Anda akan lebih tenang saat terjadi kejadian tak terduga.

4. Pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil

Semakin besar kemungkinan terjadinya risiko kerugian timbul, maka semakin besar pula premi yang perlu dibayarkan.

5. Instrumen pengalihan dan penyebaran risiko

Asuransi menjadi instrumen yang akan mengalihkan risiko kerugian yang mungkin timbul dari suatu kejadian tak terduga

Terdapat banyak jenis asuransi sesuai kebutuhan yang bisa Anda pilih. Seperti misalnya asuransi kendaraan yang akan memberikan manfaat berupa rasa aman kepada Anda terhadap risiko kecelakaan yang tidak diinginkan. Perusahaan asuransi akan mengganti kerugian kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan, pencurian dan lainnya.

Banyak asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Asuransi Tugu menghadirkan berbagai jenis asuransi yang bisa Anda pilih sebagai perlindungan bagi Anda dan keluarga. untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai berbagai produk dan manfaat asuransi Tugu, Anda bisa mengunjungi website tugu.com.

Baca Juga: