MU

Beberapa Cara Untuk Meningkatkan Melatonin Secara Alami Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

30 Jan 2023  |  136x | Ditulis oleh : Admin
Beberapa Cara Untuk Meningkatkan Melatonin Secara Alami Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Apakah Anda sering terbangun atau merasa kurang nyenyak saat tidur malam? Anda tidak perlu khawatir ada banyak pilihan  makanan dan minuman seperti Tanin Pada Teh untuk membantu tidur Anda lebih  nyenyak. Dan makanan bergizi ini  beragam seperti nasi, susu hingga ikan. Apakah Anda  pernah dengar tentang  melatonin? Mari simak ulasannya  mengenai melatonin.

Melatonin adalah hormon yang diproduksi  otak sebagai respons  terhadap  kegelapan. Dan fungsi dari hormon ini untuk membantu waktu ritme sirkadian  dengan tidur. Perlu dipahami, terkena cahaya di malam hari dapat memblokir produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang ditemukan secara alami di dalam tubuh. Suplemen makanan melatonin dapat dibuat dari hewan atau mikroorganisme, tetapi paling sering dibuat secara sintetis.

Melatonin yang digunakan sebagai obat biasanya dibuat secara sintetis di laboratorium. Suplemen melatonin ini paling sering tersedia dalam bentuk pil terdapat juga. Namun, ada juga melatonin yang tersedia dalam bentuk yang dapat ditempatkan di pipi atau di bawah lidah. Hal ini memungkinkan melatonin untuk diserap langsung ke dalam tubuh.

Beberapa orang mengonsumsi melatonin melalui mulut untuk menyesuaikan jam internal tubuh. Fungsi utama ritme sirkadian adalah menentukan apakah tubuh siap untuk tidur atau tidak. Beberapa orang dengan kondisi ini membutuhkan suplemen melatonin, di antaranya, yaitu:

  • Pekerja Shift

Bagi mereka yang bekerja dengan sistem shifting atau memiliki jadwal kerja yang berubah, hal tersebut dapat mengganggu waktu tidur dan bangun setiap harinya. Shift kerja yang melibatkan shift malam dapat menyebabkan orang merasa mengantuk di tempat kerja dan membuat sulit untuk tidur di siang hari setelah shift berakhir.

  • Insomnia

Diperkirakan bahwa menambahkan melatonin dari suplemen dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Namun, perlu dipahami bahwa suplemen melatonin harus berdasarkan resep dari dokter, Jika Anda mengalami insomnia, biasanya akan mengonsumsi melatonin hanya beberapa minggu untuk membantu mengatasi masalah tidur jangka pendek (insomnia). Namun, pada beberapa kasus tertentu, kadang-kadang dokter akan meresepkan untuk mengonsumsi suplemen melatonin hingga 13 minggu.

Itulah kondisi orang yang membutuhkan konsumsi suplemen melatonin. Mereka yang mengalami jet lag setelah menempuh perjalanan udara yang panjang juga umumnya membutuhkan suplemen melatonin. Beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi melatonin, atau merasa lelah, sakit, atau mudah tersinggung keesokan harinya.dan umumnya suplemen  melatonin aman untuk dikonsumsi, selama masih berada pada dosis yang tepat.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan melatonin secara alami yaitu:

  1. Menciptakan suasana kamar yang nyaman dan tenang menjelang tidur.
  2. Berjemur di pagi hari untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari.
  3. Hindari berlebihan bermain media sosial.
  4. Menjaga keseimbangan antara screen time dan aktivitas yang nyata di luar ruangan.
  5. Melakukan kegiatan relaksasi, seperti meditasi, mendengarkan musik, yoga, membaca buku, dan lainnya.
  6. Konsumsi makanan yang dapat meningkatkan melatonin, seperti telur, asparagus, ubi, tomat, buah delima, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Suplemen melatonin memang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, akan tetapi ada baiknya Anda memahami cara meningkatkan melatonin secara alami.

Baca Juga: