RF

Inilah Manfaat yang Akan Didapat Jika Memiliki Asuransi Syariah dari Allianz

13 Nov 2023  |  234x | Ditulis oleh : Admin
Inilah Manfaat yang Akan Didapat Jika Memiliki  Asuransi Syariah dari Allianz

Di era yang serba dinamis seperti sekarang ini, perlindungan finansial menjadi suatu kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Tantangan-tantangan finansial yang tidak terduga dapat dengan mudah mengancam stabilitas ekonomi baik individu maupun keluarga. Untuk menghadapi tantangan ini, muncul konsep asuransi Syariah yang menghadirkan manfaat asuransi syariah yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Tidak hanya itu, peningkatan potensi dan penerapan wakaf di lingkungan masyarakat sudah menjadi perhatian utama bagi pemerintah Indonesia. Perwujudan peningkatan potensi ini menjadikan produk asuransi tidak hanya sebagai produk perlindungan finansial, tetapi juga dapat membantu penggalangan dana wakaf dalam bentuk wakaf santunan asuransi. 

Dalam pandangan Islam, prinsip-prinsip Syariah menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, tanggung jawab sosial, dan saling tolong-menolong. Oleh karena itu, asuransi yang sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah bukan hanya sekadar instrumen bisnis, tetapi juga sarana untuk melindungi dan membantu sesama manusia.

Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) memandang asuransi dengan perspektif Syariah sebagai alat yang memungkinkan masyarakat berbagi risiko dan memberikan perlindungan finansial bagi yang membutuhkan. 

Salah satu manfaat penting dari perlindungan finansial melalui asuransi adalah kepastian. Dalam situasi sulit atau darurat, asuransi dapat memberikan perlindungan terhadap biaya-biaya yang mungkin timbul akan ditanggung, sehingga individu atau keluarga tidak perlu khawatir terkait beban finansial yang tidak terduga. Dalam konteks ini, asuransi melampaui sekadar pembayaran klaim, tetapi juga memberikan rasa aman dan ketenangan pikiran.

Untuk semakin meyakinkan Anda tentang pentingnya berasuransi, berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan dengan memiliki program-program asuransi syariah individu:

  • Bebas riba

Banyak yang mengatakan bahwa asuransi konvensional masih mengandung riba, karena menukarkan harta dengan harta yang nominalnya tak sepadan (premi nasabah dengan klaim yang dibayarkan perusahaan asuransi). Nah, di sinilah fungsi asuransi syariah bagi tertanggung yang unggul dibandingkan produk konvensional, yaitu bebas dari riba. Alasannya, akad dalam produk ini bukanlah menukarkan premi dengan uang klaim, tapi bergotong royong antar sesama peserta. Jadi, jika ada peserta yang mengalami musibah, maka iuran para peserta yang terkumpul bisa digunakan untuk menolongnya.

  • Menggunakan prinsip tolong-menolong

Pada asuransi konvensional, nasabah membayar premi kepada perusahaan asuransi supaya bisa mendapatkan ganti rugi jika terjadi risiko yang diasuransikan. Konsep ini disebut dengan risk-transfer atau pengalihan risiko. Artinya, risiko yang semula milik nasabah kini ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sementara itu, risiko asuransi syariah adalah risk-sharing, di mana setiap peserta membayarkan uang kontribusi. Jika sudah terkumpul,  ana tersebut akan dikelola oleh perusahaan asuransi. Nantinya, dana tersebut akan disalurkan kepada peserta yang mengalami musibah dan membutuhkan uang.

  • Bisa double claim

Keuntungan asuransi syariah lainnya adalah dapat melakukan double claim. Namun, yang satu ini ditawarkan oleh beberapa perusahaan. Apabila kamu sakit dan BPJS Kesehatan hanya menanggung sebagian saja, maka kamu bisa mengajukan sisanya ke perusahaan asuransi kesehatan syariah. 

  • Premi tidak akan hangus

Premi atau kontribusi yang disetorkan peserta asuransi tak bakal hangus. Berbeda dengan asuransi konvensional, asuransi ini akan mengembalikan iuran peserta apabila tidak ada klaim selama masa pertanggungan. Skema risiko ini disebut risk-sharing atau pembagian risiko. Maksudnya, risiko yang dimiliki setiap peserta asuransi bakal ditanggung bersama.

  • Transparan

Pengelolaan dana dalam asuransi jenis ini sangat transparan, karena sudah ditentukan sejak awal. Jadi, nasabah paham ke mana saja dana iuran mereka dialokasikan. Misalnya, ada yang ditaruh untuk investasi, ada yang untuk cadangan klaim asuransi. Ini juga jadi salah satu keunggulan asuransi syariah.

  • Tidak mendapatkan sanksi bila telat bayar

Jika peserta telat membayar iuran atau kontribusi, maka manfaat dari asuransi masih akan tetap berjalan seperti seharusnya tanpa ada penghentian. Hal sebaliknya justru berlaku pada produk asuransi konvensional, peserta justru akan terkena serangkaian sanksi, seperti pemblokiran status peserta jika terlambat membayar premi.

Demikianlah ulasan tentang manfaat asuransi syariah yang perlu Anda ketahui. Jika saat ini Anda sedang mencari atau ingin memiliki polis asuransi syariah, Anda bisa memilih Allianz sebagai pemberi manfaat dalam perlindungan masa depan finansial Anda. Untuk informasi lebih jelasnya tentang produk-produk asuransi syariah Allianz, kunjungi situs www.allianz.co.id.

Berita Terkait
Baca Juga: