RajaBacklink

Masih Sekeluarga dengan Timun, Berikut Manfaat dari Zucchini

24 Okt 2020  |  11x | Ditulis oleh : FreeLancer
Masih Sekeluarga dengan Timun, Berikut Manfaat dari Zucchini

Aghil - Sebagian dari Anda mungkin tak asing dengan zucchini, sebuah sayuran yang masih satu keluarga dengan timun. Biasanya, zucchini ini dijadikan salah satu bahan makanan sehat, seperti salad. Meskipun sering disebut sayuran, ternyata zucchini ini tergolong sebagai buah-buahan.

Penggunaan zucchini dalam makanan sehat memang tak salah. Hal ini karena kandungan kalori pada buah zucchini ini yang rendah. Untuk satu cangkir irisan zucchini, kandungan kalori hanya di angka 19 kalor. Nilai ini 40-50% lebih rendah dibandingkan sayuran hijau lainnya, seperti brokoli dan kubis brussel.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut beberapa manfaat dari zucchini yang baik bagi kesehatan.

1. Membantu melancarkan pencernaan

Berkat kandungan serat yang tinggi, zucchini dapat meringankan masalah pencernaan yang terjadi, misalnya kembung, sembelit, dan gas perut. Selain itu juga membantu kesehatan usus yang baik.

2. Memperlambat penuaan

Antioksidan memiliki sifat antipenuaan dengan melindungi kulit dari stres oksidatif, serta memperlambat penuaan. Zucchini merupakan salah satu sumber antioksidan, seperti beta-karoten yang dapat memperkuat membran sel dan melawan kerusakan pada kulit akibat sinar Ultraviolet.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan serat pada zucchini membantu menurunkan penumpukan kolesterol jahat yang berada dalam darah. Sehingga, dengan mengkonsumsi zucchini Anda juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

4. Meningkatkan kesehatan mental

Pada sebuah studi, ditemukan bahwa zucchini mengandung lutein, dimana lutein ini merupakan antioksidan kuat yang terkait dengan peningkatan memori serta fungsi kognitif.

Dengan begitu, peneliti menyimpulkan bahwa zucchini dapat membantu meningkatkan mood dan mencegah terserang dari penyakit mental, seperti stres dan depresi. Kandungan Riboflavin pada buah zucchini membantu mencegah penyakit Alzheimer pada lansia.

Baca Juga: