RajaBacklink

Proses Implementasi Satu Data Indonesia By Big One BigBox Telkom Indonesia

18 Nov 2021  |  24x | Ditulis oleh : Admin
Proses Implementasi Satu Data Indonesia By Big One BigBox Telkom Indonesia

Satu Data Indonesia merupakan sebuah gagasan program dari pemerintah Indonesia untuk meningkatkan efektifitas pengambilan kebijakan dengan berdasarkan data. Portal Satu Data Indonesia dapat dibuka di data.go.id, Portal SDI adalah website resmi yang berisikan data-data terbuka mengenai Indonesia yang dikelola oleh Sekretariat SDI tingkat Pusat.

Telkom Indonesia meluncurkan Solusi Satu Data Indonesia bernama Big Box. Proses implementasi satu data Indonesia oleh Big one BigBox dari Telkom Indonesia, seperti:

  • Powerful Data Integration

Pada tahap pertama bigbox akan melakukan integrasi data, dengan fitur data integration bigbox, bigbox dapat dengan mudah mengambil data dari berbagai sumber penyimpanan yang ada di berbagai instansi.

  • Powerful Data Extraction

Setelah data-data terkumpul tim bigbox akan melakukan data extraction yang dimana platform Big data dapat mengekstrak data manual seperti file pdf, xls, csv, teks cetak, tulisan tangan, dan data lain secara otomatis ke dalam format table atau database sehingga dapat memproses jutaan halaman dokumen secara mudah dan cepat sehingga sangat menghemat waktu dan biaya.

  • Workflow Management

Melakukan otomasi proses kerja/bisnis yang sistematis secara digital, dimana informasi dibuat, dialirkan dari satu pihak ke pihak lain untuk tindakan lanjutan menurut aturan atau prosedur tertentu yang telah disepakati. Dan ketika implementasi Big One, terdapat proses Design review meeting, pemerintah atau instansi terkait tinggal menunjukkan data mana saja yang terkait dengan indicator performance pada perpres. Kemudaian setelah data tersebut dapat diekstrak secara digital dan berbentuk database akan dilakukanproses integrasi data yang memungkinkan instansi/dinas terkait melihat insight yang dibutuhkan.

  • Visualisasi

Proses selanjutnya adalah membangun dashboard analytic dengan mudah dan cepat tanpa ada proses coding, cukup clik and drag sehingga customisasi dashboard dapat dilakukan sendiri oleh user ataupun dipandu oleh tim bigbox.

  • Maintenance

Setelah data terkumpul, tersimpan dalam database serta dapat ditampilkan data-data tersebut dalam visualisasi dashboard, permasalahan berikutnya dalam implementasi satu data adalah maintenance, karena sebagian besar projek implementasi selesai, banyak projek implementasi yang bulan berikutnya mendapat hambatan. Hambatannya adalah mengharuskan dinas dinas terkait untuk mengimplementasi system yang ada secara rutin dimana prosesnya menyediakan data secara berkala, oleh karena itu untuk mengatasi hal ini, big box akan melakukan proses otomatisasi dari hulu ke hilir untuk memastikan data yang diperlukan untuk satu data berjalan secara otomatis.

  • Keamanan                                                                                           

Keamanan data dalam implementasi satu data harus dikawal secara end-to-end dari data source, dinas, pemerintahan kota dan kabupaten, hingga ketika akan dimasukkan ke system pemerintah daerah yang biasanya di kelola oleh diskominfo. Ketika implementasi, Bigbox dapat menjaminkan kemanan data yang telah masuk ke platform bigone, dengan tim data security bigbox.  Bigbox dapat membantu dalam implementasi cyber security dan untuk beberapa data yang sangat rahasia bigbox dapat melakukan enkripsi data untuk meningkatkan keamanan data rahasia tersebut.

  • Social Media Analytics

Untuk membantu pemerintah dalam menganalisa masyarakat terhadap kepuasaan kinerja terhadap pemerintah maupun instansi, Big data Indonesia dari Big box menyediakan produk Big social, Big Social adalah tools social media analytics untuk memprediksi sentiment netizen yang berada pada top social media seperti instagram, facebook, twitter, tiktok dan top 1000 media online. harapannya dengan implementasi Big Social pemerintah dapat membuat kebijakan dan program kerja yang lebih efektif.

Baca Juga: