Tryout.id

Tips Sehat Minum Kopi Agar Terhindar dari Penyakit

20 Okt 2020  |  16x | Ditulis oleh : FreeLancer
Tips Sehat Minum Kopi Agar Terhindar dari Penyakit

Aghil - Kopi menjadi salah satu minuman yang populer hingga saat ini. Kopi dikenal memiliki banyak sekali manfaat yang menyehatkan. Namun, di sisi lain kopi juga dapat mengganggu kesehatan.

Hal ini terjadi bukan karena takarannya yang berlebihan saja, melainkan variasi kopi juga berpengaruh pada dampak yang akan kita rasakan. Misalnya, jika kita menambahkan gula secara berlebih, tentu hal tersebut akan berbahaya pada kita.

Nah, untuk mencegah kita mendapatkan dampak buruk dari kopi, ada baiknya kita mengikuti tips dibawah ini. Dikutip dari laman liputan6.com, berikut selengkapnya.

1. Perhatikan jam minum kopi

Kopi adalah sumber kafein, dimana dapat memberikan energi dan membantu tubuh agar tetap terjaga. Namun, jika kita mengkonsumsi kopi pada jam yang salah, justru akan berdampak pada kesehatan kita.

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa jika kita minum kopi di sore hari, hal tersebut akan berdampak pada gangguan tidur. Saat kita kurang tidur, maka ada beberapa risiko yang bisa kita dapatkan. Misalnya terkena obesitas bahkan hingga tekanan darah tinggi.

Karena hal tersebut, disarankan meminum kopi maksimal pada jam 2-3 sore. Setelahnya sebaiknya tidak dilakukan.

2. Gunakan kertas filter

Kopi yang diseduh secara manual dapat mengandung cafestol, yakni zat yang mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Usahakan, saat kamu menyeduh kopi dengan menggunakan kertas filter untuk menurunkan jumlah cafestol secara efektif.

3. Minum kopi organik

Secara umum, biji kopi akan disemprot dengan pestisida untuk mencegahnya dari hama. Hingga saat ini, perdebatan masih berlangsung mengenai bahan makanan yang sudah disemprot desinfektan tersebut baik atau tidak.

Jika kamu masih khawatir terdapat dampak berbahaya, mungkin kamu bisa memilih dengan mengkonsumsi kopi organik saja.

4. Hindari gula berlebih

Saat meminum kopi, sangat tidak disarankan menambahkan gula. Gula memiliki jumlah fruktosa yang tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit serius, seperti diabetes dan obesitas.

5. Tambahkan kayu manis

Menambahkan kayu manis ke dalam kopi bisa memperkaya cita rasa kopi. Studi menunjukkan kayu manis dapat menurunkan glukosa darah, kolesterol dan trigliserida pada penderita diabetes.

Itulah beberapa tips bagi kamu penyuka kopi untuk tetap sehat. Mengkonsumsi kopi tak ada salahnya. Keadaan akan menjadi salah ketika kamu mengkonsumsinya secara berlebih dan tak memikirkan tentang kesehatan kamu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: