Hijab.id

Langkah-langkah Yang Harus Di Perhatikan Dalam Membangun Dapur Minimalis

16 Apr 2022  |  52x | Ditulis oleh : Admin
Langkah-langkah Yang Harus Di Perhatikan Dalam Membangun Dapur Minimalis

Di zaman sekarang tidak di pungkiri lagi kebanyakan rumah mempunyai ukuran kecil akibat dari keterbatasan pemilikan lahan dan karena mahalnya harga tanah. Hal ini sangat berdampak pada cara mendesain atau dekorasi rumah minimalis sederhana. Dikarenakan lahan yang kecil otomatis berdampak pada ukuran ruang- ruang yang ada di dalam rumah, termasuk dapur.

Melakukan kegiatan memasak di dapur minimalis, bersih dan indah menjadi impian para ibu rumah tangga, apalagi bagi orang-orang yang sering menghabiskan banyak waktu dengan hobi memasak di dapur. Dapur adalah salah satu ruang di rumah yang layak mendapat perhatian dalam mendesain dan menata interiornya.  Selain harus di rancang agar nyaman , ruang dapur minimalis juga harus mempunyai penampilan yang menarik dan atraktif.

Dalam artikel ini yang kita akan bahas adalah mengenai langkah-langkah apa saja yang harus di lakukan bila mempunyai rencana membuat dapur minimalis yang higienes, rapi dan juga indah. Langkah-langkah yang dapat kita lakukan dalam merencanakan membangun dapur minimalis adalah sebagai berikut:

1.       Mencari Refrensi Serta Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Anda harus memulai langkah awal dalam mendesain dapur minimalis dengan mencari Refrensi serta inspirasi dari manapun tentang dapur minimalis. Anda dapat menemukan berbagai inspirasi desain dapur minimalis dari internet ataupun jejaring media sosial. Buatlah gambaran, sketsa dan budget yang Anda miliki. Memakai refrensi desain akan sangat memudahkan anda di bandingkan harus mendesain dari awal.

2.       Memilih Warna Yang Tepat Untuk Dapur Minimalis

Warna merupakan elemen esensial dalam menciptakan desain dapur minimalis yang sempurna. Anda bisa memilih warna bold, warna-warna cerah, atau memilih palet warna yang netral agar terlihat selaras dengan furniture yang akan Anda gunakan agar menghidupkan nilai estetika dari dapur minimalis. Jika ruangan dapur Anda sempit dan terbatas sebaiknya menggunakan warna cat yang cerah, misalnya warna putih yang dapat menciptakan ilusi optikal membuat ruangan tampak luas dan lapang.

3.       Manfaatkan Ruang Penyimpanan Multifungsi

Gunakan ruang penyimpanan yang multifungsi untuk dapur minimalis yang lebih tertata dan rapi. Memanfaatkan ruang penyimpanan yang multifungsi juga akan membuat dapur minimalis lebih terlihat lapang. Ruang penyimpanan multifungsi bisa berupa lemari kabinet untuk menyimpan peralatan makan seperti gelas dan piring. Hindari menggunakan lemari yang hanya mempunyai satu fungsi, yang akan membuat dapur minimalis Anda terlihat penuh dan sempit.

4.       Tempatkan Kabinet Hingga Menyatu Dengan Langit-langit

Kabinet merupakan salah satu elemen penting yang harus ada pada dapur minimalis rumah Anda. Kabinet mempunyai fungsi sebagai rak penyimpanan utama yang dapat meng organisir berbagai peralatan dapur dan peralatan makan keluarga dengan rapi. Jika Anda memiliki ruang yang terbatas maka kabinet dindinglah solusinya. Untuk menghindari ruang dapur minimalis menjadi kotor dan kabinet tidak higienis akibat debu dan kotoran lainnya, usahakan kabinet dapur terpasang di ruang vertikal hingga mencapai langit-langit ruangan dapur anda.

5.       Mendesain Ventilasi Udara

Saat Anda membangun sebuah dapur minimalis, ventilasi udara wajib di perhatikan. Udara dalam ruang dapur minimalis harus selalu segar, karena udara yang segar akan membantu menjaga peralatan memasak dan peralatan makan tetap steril dan higienis.

Anda jangan lupa memperhatikan keberadaan jendela pada ruang dapur minimalis, dengan banyak jendela, sirkulasi udara akan berjalan dengan baik dan cahaya matahari juga dapat masuk dengan baik untuk menjaga kelembaban dari dapur minimalis rumah Anda.

6.       Koleksi Alat Dapur Serta Penempatan nya

Desain dapur minimalis menerapkan prinsip less is more, semakin sederhana sebuah dapur minimalis, semakin baik. Anda harus menghindari mengkoleksi peralatan dapur terlalu banyak, Usahakan agar peralatan dapur yang Anda miliki berfungsi dan sering Anda gunakan dalam kegiatan Anda di dapur minimalis. Peralatan dapur juga dapat menambah nilai estetika dan keindahan dapur Anda jika penempatannya yang tepat. Seperti contoh peralatan dapur berupa rak bumbu dapur, Rak bumbu dapur keberadaannya dapat menjadikan dapur Anda lebih rapi dan indah jika penempatan yang benar dan tepat.

Nah, setelah Anda mengetahui langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam perencanaan membangun dapur minimalis. Anda sekarang tidak perlu bingung lagi untuk mewujudkan dapur impian Anda, Grinn Living dapat membantu dalam mewujudkan dapur minimalis impian Anda, karena di Grinn Living banyak terdapat peralatan dapur serta peralatan makan yang dapat di rekomendasikan mengisi dapur minimalis Anda. Kunjungi website nya di www.grinnliving.com. Jika ingin mencari informasi yang lebih jauh lagi tentang produk Grinn Living, dan dapat di jadikan inspirasi koleksi alat dapur minimalis impian Anda.

Baca Juga: