RajaKomen

Langkah-langkah Yang harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Laptop Untuk Kerja

1 Jun 2022  |  156x | Ditulis oleh : Admin
Langkah-langkah Yang harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Laptop Untuk Kerja

Membeli laptop yang paling menyenangkan adalah desainnya yang tipis (slim) dan pastinya ringan, sehingga mudah dibawa kemana pun. Ini yang membuat laptop memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan computer PC yang harus ditempatkan dimeja dan harus tersambung dengan aliran listrik agar bisa dioperasikan.

Laptop sekarang ini banyak dicari sehingga ketersediaannya juga makin mudah untuk didapatkan. Hal ini berarti Anda bisa membeli laptop dimana saja, mulai dari toko laptop khusus, toko computer, toko elektronik, mall hingga toko online. Dalam membeli laptop perlu pertimbangan terlebih jika digunakan untuk kerja agar tidak salah membeli. Berikut ini beberapa pertimbangan yang bisa dijadikan acuan dalam memilih laptop untuk kerja.

  • Sistem Operasi

Pilihlah sistem operasi atau operating system. Ini unsur yang bisa mempengaruhi pengalaman penggunaan laptop Anda. Ada beberapa OS yang bisa Anda pilih yaitu:

  1. Mac OS, aman memiliki nilai prestisius, akan tetapi mahal dan hanya dimiliki Apple.
  2. Windows, fleksibel, popular akan tetapi rawan terkena serangan digital
  3. Chrome OS, ringan tetapi tidak bisa di install banyak aplikasi
  4. Linux, gratis tetapi kurang user.friendly

Jadi pertimbangkan tool penunjang pekerjaan Anda dalam memilih sistem operasi.

  • Tentukan Tipe Laptop

Laptop bisnis memiliki fitur-fitur tambahan, kamera canggih untuk videocall dll. Tiap tipe laptop tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi sebaiknya Anda membeli laptop sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika tidak memerlukan layar touchscreen, pilih laptop tanpa touchscreen jadi bisa mengurangi daya tahan baterai laptop Anda.

  • Ketahanan Baterai

Jika Anda harus keluar kantor pilihlah laptop yang memiliki baterai yang tahan lama. Tetapi jika Anda sering kerja di dalam ruangan atau di kantor, tentunya tidak menjadi masalah karena jika baterai habis Anda bisa mengecasnya. Dengan cara begini Anda bisa memilih laptop yang tepat untuk kerja.

  • Tentukan Kebutuhan RAM

Ketika membuka aplikasi, tentunya ada data yang Anda akses. Dan nantinya ketika aplikasi tersebut ditutup, data juga akan tertutup juga. Supaya proses buka dan tutup data ini cepat, laptop memiliki random-ac memory (RAM) yang menyimpan data aplikasi untuk sementara. Dan prosesor tidak perlu lama mencari data. Semua sudah ada di dalam RAM. Secara umum Anda butuh RAM sebesar 8 GB. Tetapi jika Anda adalah seorang programmer, pilih RAM hingga 16 GB sangat disarankan.

  • Cek Port yang Tersedia

Jika Anda penyuka laptop tipis, Anda perlu cek dulu lubang portnya sebelum membelinya. Hal ini karena laptop tipis seringkali memiliki port yang lebih sedikit. Bahkan sekarang ini sudah ada laptop yang tidak memiliki combo audio jack atau tempat untuk menyambung kabel headset. Dan ini tentunya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan tidak semua orang butuh port selengkap-lengkapnya.

  • Pertimbangkan Spesifikasi Khusus

Yang harus Anda perhatikan adalah beda pekerjaan tentunya beda juga tuntutannya. Terkadang ada faktor lain yang harus Anda pertimbangkan. Ada orang yang membutuhkan laptop dengan layar touchscreen hingga speaker jumbo. Dan seorang desainer grafis biasanya butuh graphic card untuk menunjang pekerjaannya.

  • Seleksi Brand

Jika laptop Anda rusak, apakah Anda tahu dimana service centernya? Selain itu apakah laptop tersebut memberikan garansi? Ada merek laptop yang memiliki service center terbatas. Sebaliknya ada juga yang mempunyai pelayanan baik dan lokasi reparasi yang tersebar dimana-mana. Dengan alasan tersebut, merk laptop juga perlu Anda pertimbangkan. Jangan sampai laptop murah dan spesifikasinya tinggi, tetapi sulit untuk diperbaiki.

Demikianlah beberapa cara dalam memilih laptop untuk kerja dan bisa untuk pertimbangan Anda. Jika saat ini Anda sedang mencari toko yang menjual laptop untuk kerja, Anda bisa mendapatkan di Sodagar Komputer.

Sodagar Komputer adalah toko yang menjual laptop, computer, printer, projector, aksesoris, sparepart, hardware dan alat tulis kantor (ATK) dan juga menyediakan jasa service perbaikannya. Sodagar Komputer juga dipercaya menjadi perwakilan Service Center atau Service laptop beberapa brand laptop terkenal di Indonesia seperti: HP, ASUS, Lenovo, Acer dan Axioo. Dan juga menangani service laptop brand lainnya seperti Samsung, Dell, Toshiba, Apple Macbook, Fujitsu, dll.

Untuk info lebih jelas tentang laptop di Sodagar Komputer, Anda bisa mengunjungi website www.sodagarkomputer.com.

Berita Terkait
Baca Juga: