RajaBacklink

Bertujuan Sebagai Geopark UNESCO, Karst Rammang-Rammang Kini Tengah Bersiap Diri

2 Nov 2020  |  16x | Ditulis oleh : FreeLancer
Bertujuan Sebagai Geopark UNESCO, Karst Rammang-Rammang Kini Tengah Bersiap Diri

Aghil - Wisata Karst Rammang-Rammang Kabupaten Maros kini tengah menyiapkan diri sebagai Geopark Dunia UNESCO. Pihak pengelola kini tengah menyiapkan SDM yang kini sedang memasuki tahap persiapan dokumen.

Persiapan dokumen sudah berjalan sekitar 85% menuju tahap penyelesaian. Ridwan, salah satu pengelola wisata disana mengatakan bahwa berbagai pelatihan sudah dilakukan pada masyarakat sekitar untuk terlibat dalam pengelolaan wisata nantinya.

"Masyarakat di sini sudah tahu ketentuan-ketentuan menuju Geopark Unesco, itu sudah kita lengkapi persiapannya. Kami menyambut baik karena ruang lingkup kita terlindungi, namun kita memang masih berproses," ujarnya, Senin (2/10/2020).

Persiapan di wisata Rammang-Rammang ini berbeda dengan destinasi di Bali dan Toraja. Dimana di Bali dan Toraja, mereka menyiapkan SDM nya terlebih dahulu kemudian daerah wisatanya.

"Bedanya kita di Bali dan Toraja, mereka siapkan SDM-nya dulu lalu tempatnya, kalau di sini kita siapkan tempatnya dulu baru SDM-nya. Kita memang berproses," ujarnya.

Masyarakat setempat juga meminta kepada pemerintah agar pembangunan pariwisata tersebut terus dilanjutkan. Karena jika karst ditambang, akan berdampak pada mata pencaharian warga. Tentu berpengaruh pula pada keindahan alam setempat.

"Kita menyampaikan ke pemerintah bahwa membangun pariwisata jauh lebih baik daripada eksploitasi. Karena prinsip dasarnya pariwisata adalah sesuatu yang tidak pernah habis," ujarnya.

Baca Juga: