Tryout.id

Mempelajari Asas-asas Islam dan Menyelami Al-Qur'an di Ekstrakurikuler Tahsin dan Tahfidz Qur'an SMP Islam Al Masoem Bandung

19 Jun 2024  |  36x | Ditulis oleh : Admin
pesanten Al Masoem Bandung

SMP Islam Al Masoem di Bandung menawarkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kecintaan terhadap ajaran Islam, serta Al-Qur'an. Salah satunya adalah kegiatan Tahsin dan Tahfidz Qur'an, yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang ajaran agama Islam.

Dalam kegiatan Tahsin, para siswa diajarkan untuk memperbaiki bacaan Al-Qur'an agar lebih baik dan benar. Selain itu, mereka juga diajarkan makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf) guna menghasilkan bacaan yang jelas dan benar. Sedangkan dalam kegiatan Tahfidz, para siswa diberikan kesempatan untuk menghafal beberapa surat atau juz Al-Qur'an sesuai dengan kemampuan dan potensi masing-masing. Hal ini bertujuan untuk membekali siswa dengan kemampuan dan keterampilan membaca serta menghafal Al-Qur'an.

Kegiatan ekstrakurikuler ini sangat penting, karena memberikan pengetahuan agama Islam yang baik serta membentuk karakter yang kuat bagi para siswa. Selain itu, tahsin dan tahfidz Qur'an juga dapat membantu dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang taat beragama.

SMP Islam Al Masoem Bandung memahami pentingnya pembentukan karakter agama pada siswanya, sehingga memberikan perhatian yang besar terhadap kegiatan ekstrakurikuler ini. Dengan demikian, diharapkan para siswa tidak hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan akademik yang baik, tetapi juga memiliki keimanan yang kuat serta menghayati ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat tumbuh menjadi individu yang mencintai agama dan Al-Qur'an, serta mampu mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, mereka akan menjadi generasi penerus yang memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini tentu saja menjadi harapan besar bagi pembentukan karakter siswa di masa depan.

Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler Tahsin dan Tahfidz Qur'an di SMP Islam Al Masoem Bandung, diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi para siswa dalam memahami ajaran agama Islam dan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dalam kehidupan mereka.

Berita Terkait
Baca Juga: